EAS - Model Bisnis Perusahaan

Tugas Pertemuan 2 - Prinsip Desain Software

Nama  : Ken Anargya Alkausar

NRP    : 5025211168

Kelas   : A

Perangkat lunak umumnya merupakan upaya menggunakan komputer untuk memecahkan masalah dunia nyata. Pengembangan perangkat lunak melewati serangkaian fase, dengan setiap fase menghasilkan artefak atau keluaran tertentu. Mulai dari pemahaman masalah (mengumpulkan persyaratan), hingga analisis, desain, implementasi, dan  pengujian.

Perangkat lunak tersebut kemudian disebarkan (deployed) dan dipelihara oleh pelanggan. Output dari tahap pengumpulan persyaratan merupakan masukan ke tahap analisis. Bagian ini  penting karena merupakan fase di mana Anda memahami ruang masalah yang dipecahkan oleh perangkat lunak. Hasil tahap analisis digunakan dalam tahap desain. Proses ini juga tidak kalah pentingnya karena hasilnya menjadi acuan dalam pembuatan implementasi perangkat lunak.

Referensi Journal : https://ejournal.nusamandiri.ac.id/index.php/pilar/article/view/10/6

Dan mengalami perkembangan yang sangat pesat karena perkembangannya, kemajuan teknologi, dan ciri khas ini disebabkan oleh semakin banyaknya sistem informasi yang terkomputerisasi, seperti halnya sistem informasi, artinya masyarakat dapat memperoleh informasi yang dibutuhkannya dengan cepat. Dalam kegiatan tersebut teridentifikasi berbagai hambatan yaitu penggunaan komputer yang kurang optimal dan pemanfaatan sumber daya yang ada, karena komputer yang ada hanya digunakan untuk pembuatan dan pembuatan laporan.

Salah satu solusi yang diberikan untuk mengoptimalkan pengelolaan data guru dan sekolah adalah dengan penerapan Sistem Aplikasi Pendataan Guru dan Sekolah (SINDARU). SINDARU adalah sistem informasi terkomputerisasi yang digunakan untuk mendukung sistem pendataan guru dan sekolah di lingkungan Dinas Pendidikan Kota Tangsel.

  • Komponen Sistem Informasi

Diagram di atas menunjukkan bahwa komponen suatu sistem informasi memerlukan setidaknya empat komponen: input, pemrosesan, output, dan  umpan balik. Komponen dari sistem informasi berbasis komputer terdiri dari perangkat keras (hardware), perangkat lunak (software), prosedur (procedures), orang (people), basis data (database) dan jaringan komputer (computer network). 

Data menurut Webster New World Dictionary, data adalah things known or assumed, yang berarti bahwa data itu sesuatu yang diketahui atau dianggap (Situmorang, 2010). 

  • Systems Development Life Cycle 
Fase perencanaan  adalah  proses mendasar untuk memahami mengapa sistem  informasi perlu dibangun dan menentukan  bagaimana tim proyek akan melakukan pendekatan pengembangannya. Tahap analisis  menjawab  pertanyaan tentang siapa yang akan  menggunakan sistem, sistem mana yang akan digunakan, kapan dan dimana. Fase desain melibatkan penentuan bagaimana sistem akan berfungsi dalam hal  perangkat keras, perangkat lunak, dan infrastruktur jaringan. Antarmuka pengguna, formulir, dan laporan yang digunakan;  program spesifik, database, dan file diperlukan. Fase terakhir dari  SDLC adalah fase implementasi , di mana sistem  benar-benar dibangun (atau dibeli, dan dalam  kasus , desain perangkat lunak dikemas dan diinstal).
  • Metode Waterfall
Metode waterfall yaitu analis dan pengguna melanjutkan secara berurutan dari satu tahap ke tahap berikutnya (Dennis, 2012).
  • Perancangan Model
  • Perancangan Antarmuka

Berikut merupakan penerapan perancangan perangkat lunak pada journal "Perancangan Perangkat Lunak Sistem Informasi Pendataan Guru dan Sekolah pada Dinas Pendidikan Kota Tangerang Selatan".






Comments