EAS - Model Bisnis Perusahaan

Tugas Pertemuan 6 - Low Level Design

Nama  : Ken Anargya Alkausar

NRP    : 5025211168

Kelas   : A

Low Level Design (LLD) adalah tahap dalam proses pengembangan perangkat lunak yang bertujuan untuk memberikan detail rinci tentang bagaimana sistem atau aplikasi akan diimplementasikan pada tingkat kode. LLD adalah penguraian dari High Level Design (HLD), yang memberikan gambaran umum sistem secara keseluruhan.

Referensi Journal: https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jdbim/article/view/58084/45324

Aplikasi E-Canteen merupakan inovasi yang bertujuan untuk merombak pengelolaan kantin tradisional menjadi lebih efisien dan praktis dengan memanfaatkan teknologi digital. Dengan aplikasi ini, pengguna, baik siswa maupun staf, dapat memesan makanan secara online melalui perangkat mobile atau komputer. Pengelolaan kantin tradisional seringkali menghadapi masalah seperti antrian panjang dan waktu yang terbuang dalam proses pemesanan makanan. Selain itu, ketersediaan stok makanan tidak selalu sesuai dengan permintaan pengguna. Aplikasi E-Canteen hadir untuk mengatasi masalah-masalah ini dengan menawarkan solusi yang efisien dan praktis.

Fitur Utama Aplikasi E-Canteen Penjual kantin yang tergabung dalam E-Canteen dapat menggunakan fitur-fitur aplikasi ini untuk mengelola menu mereka dengan lebih efisien dan cepat. Melalui aplikasi E-Canteen, penjual dapat menambah, mengedit, dan menghapus daftar menu mereka dengan mudah. Selain itu, mereka juga bisa mengatur stok makanan dan minuman yang tersedia untuk dijual. Dengan memanfaatkan E-Canteen, penjual kantin dapat meningkatkan efektivitas dan efisiensi dalam mengelola pemesanan, menyelesaikan transaksi secara cashless, dan mempercepat proses pengambilan makanan dan minuman oleh pelanggan.


Keuntungan Aplikasi E-Canteen Pengguna aplikasi E-Canteen melaporkan kemudahan dalam memesan makanan secara online tanpa perlu mengantri di kantin. Pembayaran online dan notifikasi promosi menawarkan kenyamanan dan kemudahan bagi pengguna dalam bertransaksi dan memanfaatkan penawaran khusus dari kantin. Ulasan dari pengguna membantu pelanggan lain dalam memilih makanan berkualitas dan mendorong transparansi dalam pelayanan kantin.


High Level Design

Use Case Diagram: Searching Makanan

Use Case Diagram: Input Voucher
Use Case Diagram: Pembayaran/Transaksi

Low Level Design
Tampilan awal
Pada gambar ditunjukkan bahwa user bisa memilih antara login dan sign in, jika sudah mempunyai akun maka klik “login”, jika tidak memiliki akun klik “signin”. Input Username : Kolom untuk memasukan username. Input password : Kolom untuk memasukan password. Login : Tombol untuk login, jika anda sudah mempunyai akun sebelumnya. Sign Up : Tombol untuk membuat akun baru
Halaman sign in, input email: kolom untuk memasukkan email aktif, username : Kolom untuk memasukan nama yang akan user pakai, password : Kolom untuk memasukan password, confirm password: kolom untuk memasukkan ulang password yang telah dibuat, login : tombol untuk login.
Halaman username : kolom untuk memasukan nama yang sudah user input saat signin, password : kolom untuk memasukan password yang sudah user input sebelumnya. 
Gambar menunjukkan pada halaman menu (home), anda bisa memilih kategori makanan, minuman, snack, dll. 

Kesimpulan
Berdasarkan perancangan aplikasi E-Canteen yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa sistem manual yang mengharuskan pelanggan datang langsung ke kantin memiliki beberapa kelemahan, seperti penumpukan antrian dan kesalahan dalam pemenuhan pesanan. Sistem yang dirancang melalui aplikasi ini dapat membuat proses pemesanan lebih fleksibel dan membantu mengatasi kelemahan-kelemahan yang ada. Dengan demikian, masalah seperti penumpukan dan kesalahan pemesanan dapat diminimalkan. Pengguna menginginkan fitur yang memungkinkan mereka untuk melihat menu yang tersedia, memesan makanan secara online, melakukan pembayaran dengan mudah, dan melacak status pesanan mereka.
 
Selama proses perancangan aplikasi E-Canteen, peneliti menyadari bahwa masih terdapat banyak aspek yang perlu diperbaiki. Oleh karena itu, beberapa saran untuk pengembangan lebih lanjut adalah menambahkan fitur yang mencegah akun digunakan pada dua perangkat secara bersamaan, memperbaiki tampilan aplikasi agar lebih menarik, serta meningkatkan aspek keamanan. Diharapkan aplikasi ini bisa lebih interaktif sehingga informasi yang diinginkan pengguna dapat disampaikan dengan lebih bermanfaat.

Referensi:

https://kuliahppl.blogspot.com/2024/04/low-level-design.html




Comments